Kesibukan Membuat Bernhard Limbong Memutuskan Mundur Sebagai Caketum PSSI

Pecinta olah raga sepak bola Indonesia tentu tak akan melewatkan berbagai informasi bola yang terjadi di dunia persepakbolaan di tanah air. Termasuk berita seputar badan pengurus sepak bola kita, PSSI. Belum lama ini PSSI mengadakan pemilihan Kongres Luar Biasa (KLB) dalam rangka pemilihan Ketua Umum (Ketum) periode 2019-2023, pada hari Sabtu, tanggal 2 November 2019 di Hotel Shangri-La Jakarta. Ada sepuluh nama yang tercatat berkompetisi untuk memperebutkan posisi sebagai calon ketua umum (Caketum) PSSI. Padahal sebelumnya disebutkan bahwa ada sebelas nama Caketum yang bersaing, namun salah seorang di antaranya memilih untuk mengundurkan diri, yaitu Bernhard Limbong.

Caketum PSSI

Datang Untuk Mengundurkan Diri

Kedatangan Bernhard Limbong pagi itu di Hotel Shangri-La ternyata bukan untuk menghadiri kompetisi sebagai caketum PSSI seperti berita yang terdengar dari berbagai informasi bola yang beredar sebelumnya, namun justru untuk mengumumkan pengunduran dirinya. Brigjen TNI (Purn) Bernhard Limbong menyatakan bahwa ia mengundurkan diri sebagai salah satu kompetitor lantaran dirinya sibuk, sehingga tidak akan mempunyai cukup waktu untuk PSSI seandainya dirinya sampai terpilih sebagai ketua umum. “Karyawan saya sangat banyak. I am very very busy. Saya tidak bisa full time. Tidak ada waktu saya mengurus PSSI. Kapan-kapan kita ketemu di tempat lain,” kata Bernhard, seperti yang dikutip oleh Tribunnews.com.

Bernhard menyatakan bahwa pendukungnya bebas untuk memberikan suara kepada calon mana saja. Ia juga mengungkapkan harapannya agar siapapun yang terpilih sebagai ketua umum nantinya, dapat mencurahkan waktunya 100 persen untuk PSSI. Sebab menurutnya, Indonesia membutuhkan ketua PSSI yang bisa benar-benar berkomitmen untuk memajukan persepakbolaan di tanah air. Bernhard menyadari keterbatasan waktunya maka ia memilih untuk mengundurkan diri. Dengan mundurnya Bernhard maka tinggal sepuluh nama caketum yang berkompetisi untuk posisi ketua umum PSSI kali ini. Siapapun penggemar bola yang selalu mencari berbagai informasi bola Indonesia, tentunya telah mengetahui bahwa Komjen Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang akhirnya terpilih secara resmi sebagai ketua umum PSSI periode 2019-2023.

Sepak Bola, Olah Raga Harapan Bangsa

Memang tidak berlebihan pendapat Bernhard yang menyatakan bahwa ketua umum diharapkan bisa benar-benar fokus mengurus persepakbolaan di Indonesia. Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang populer serta menjadi harapan RI. Banyak penggemar setia yang selalu menunggu berbagai informasi bola dan berharap banyak pada Timnas. Dengan demikian PSSI sebagai badan pengurus diharapkan benar-benar bisa memajukan sepak bola Indonesia, dari mulai mencetak atlet-atlet berkualitas hingga menyelenggarakan pertandingan-pertandingan yang tertib serta memenuhi standar internasional. Kongres Luar Biasa kali ini selain memilih ketum baru serta dua orang wakil, juga menunjuk 12 Komite eksekutif  periode 2019-2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *